Software Editing Video

Senin, 30 Agustus 2010.

Software editing video yang tersedia di pasaran amat banyak jumlahnya, mulai dari yang gratis dengan kemampuan terbatas (seperti Movie Maker yang merupakan aplikasi standar pelengkap Windows) hingga yang berharga mahal tapi kaya fitur. Sejumlah peralatan video capture atau kamera video menyertakan bonus software editing tersendiri, kadang berupa suatu versi yang memiliki fitur terbatas dibandingkan paket profesionalnya.
Untuk memutuskan software mana yang akan digunakan, sejumlah hal berikut ini perlu menjadi bahan pertimbangan :
1. Untuk tahap awal, ada baiknya Anda menggunakan software murah (atau bahkan free). Software ini pasti memiliki fitur yang amat terbatas, namun pada saat yang sama dapat mendorong Anda agar berkonsentrasi untuk melakukan 3 jenis pekerjaan utama pada editing, yaitu memotong, memilih, dan merangkai ulang
gambar.
2. Bujeting. Apakah kegiatan produksi video Anda hanya hobi sewaktu-waktu? atau hobi yang intensif? atau bagian dari pekerjaan? atau pekerjaan utama? atau rencana usaha jangka panjang? Ini akan berpengaruh terhadap kebijakan bujeting.
3. Kompatibilitas terhadap peralatan kamera, komputer dan perangkat lain yang digunakan, termasuk sistem operasi dan program-program yang telah Anda miliki (catatan : Adobe Premiere Pro banyak digunakan karena kompatibilitas-nya yang tinggi dengan Adobe Photoshop sebagai program image editing terpopuler).
4. Fitur yang dimiliki. Termasuk kemampuannya dalam impor dan ekspor berbagai format image/video/audio yang ada.
Kebanyakan software editing memiliki sejumlah fungsi dasar berikut ini :
1. Capture, merekam footage dari kaset video ke komputer
2. Edit, melakukan pengeditan yang fungsi paling dasarnya ialah selection (pemilihan klip) dan cut (pemotongan).
3. Output, meng-ekspor hasil edit dari komputer ke format dan media lain.
Selain Windows Movie Maker yang sudah tersedia dalam sistem operasi Windows, software lain yang tergolong sederhana ialah Pinnacle Studio dan Ulead Video Studio yang banyak dipakai untuk keperluan produksi video rumahan. Sedangkan software berikut ini banyak dipakai oleh para profesional : Avid Pro, Adobe Premiere Pro, Edius,  Sony Vegas, Final Cut Pro, Power Director.

fROM http://captun.net

Comentários:

Posting Komentar

 
Wahyu Afandi © Copyright 2010 | Design By Gothic Darkness |