Cara Menggunakan CD-R Dapat ditulis Berulang-ulang

Sabtu, 28 Agustus 2010.


Cara Menggunakan CD-R Supaya Dapat Ditulisi Berulang-Ulang
dulu saya berpikir CD-R cuma dapat ditulisi sekali saja. dan ternyata itu salah
Trik yang saya sampaikan ini menggunakan software Ahead Nero Burning Rom 5 bawaan CDRW LiteOn saya.

Selama beberapa bulan saya telah menggunakannya dan membackup data-data ke CD-R. Saya menggunakan CD-R tidak maksimal karena seringkali mengisinya dengan data beberapa MB saja walaupun kapasitas CD-R bisa mencapai 700 MB. Mengapa? Karena saya tidak tahu ternyata CD-R dapat ditulisi berulang-ulang selama kapasitasnya belum penuh.

Caranya menggunakan ulang CD-R tersebut Ikuti langkah-langkah berikut :

Anda buka program Ahead Nero Burning ROM di mana CD-Rbekas” Anda sudah dimasukkan ke CDRW.
Klik File ==> New sehingga menampilkan Wizard
Apabila Anda tidak mendapati tampilan wizard tetapi tampilan kotak dialog dengan tab-tab di atasnya maka Anda klik tombol Wizard di sebelah kanan.
Pilih Compile New CD
Pilih Data CD
Pilih Continue with Existing Data-CD (Multisession) Disk.
Tekan tombol Finish
Pilih Session terakhir yang menunjukkan status penulisan data ke CD yang terakhir, lalu tekan OK
Tunggu sebentar untuk proses “refresh” dari Nero untuk mencek penulisan data terakhir sehingga Anda dapat menambah data baru ke CD-R sehingga menampilkan windows kecil dengan pesan seperti gambar berikut.
Lalu Anda lanjutkan penggunaan CD-R sebagaimana biasanya dengan menambahkan data dari File Manager ke CD-R Anda dengan Nero.
Dan akhirnya Anda tidak perlu boros CD-R lagi

1 Comentário:

Unknown Mengatakan

nambahin aza nih, klo pke win7

http://www.civitas-stmikmj.com/2014/06/cara-membuat-cd-r-dapat-berfungsi.html

Posting Komentar

 
Wahyu Afandi © Copyright 2010 | Design By Gothic Darkness |