Mengenal Fungsi PEN TOOL dan Shape Tool

Minggu, 21 November 2010.

CorelDRAW salah satu software grafis yang banyak digunakan terutama bagi mereka yang baru belajar. aplikasi satu ini termasuk gampang dan simpel   menggunakannya setidaknnya begitulah kata para maker-maker-nya. Aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat berbagai project desain misalnya untuk mendesain logo, brosur, kalender, kartu nama, leaflet, dan banyak lagi..
Sebelum memulai menggambar dengan corelDRAW ada baiknya anda mengenal terlebih dahulu tool-tool penting dalam software ini. Salah satunya ada PEN TOOL dan SHAPE TOOL. Kedua tool tersebut saling berhubungan antara satu dan lainnya. Okelah langsung kita mulai dengan fungsi tool pertama yaitu PEN TOOL
Pen Tool, berfungsi untuk membuat kurva bersudut tajam. Cara kerjanya : Mulai dengan membuat titik-titik hingga anda merasa cukup, tekan tombol ESP pada tombol keyboard anda.


Pastikan titik akhir bertemu pada titik pertama karena ini akan berpengaruh ketika mengisi warna. Bila anda kurang yakin titik tersebut bertemu anda bisa memastikannya dengan meng-aktifkan icon “Auto close” pada menu bar. Lihat gambar dibawah.

Fungsi kedua :
Shape Tool, berfungsi menumpulkan sudut-sudut tajam pada kurva yang dibentuk oleh pen tool. Cara kerjanya:

Pilih Shape Tool, klik kanan pada salah satu garis kurva.  Pilih icon “To Curve” tujuannya untuk mengubah garis menjadi kurva. Disalahsatu garis akan muncul anak panah, tugas anda menggeser anak panah tersebut sesuai kebutuhan. Lihat gambar dibawah

Selain icon “To Curve” ada beberapa icon penting lainnya yang perlu anda ketahui apabila ingin membuat garis-garis melengkung.

Convert Line to Curve, dipakai untuk mengubah garis lurus menjadi garis lengkung




Convert Curve to Line, Dipakai untuk mengubah garis melengkung menjaid garis lurus




Make Node Smooth, Dipakai untuk mengubah titik bersudut tajam menjadi titik bersudut lengkung




Make Node a Cusp, dipakai untuk mengubah titik bersudut lengkung menjadi titik bersudut tajam.
Bila anda sudah menguasai kedua tool tersebut, Insya Allah anda tidak begitu sulit dalam menggambar sebuah objek.


From  http://acehdesain.wordpress.com

Comentários:

Posting Komentar

 
Wahyu Afandi © Copyright 2010 | Design By Gothic Darkness |